10 Fakta Facebook Yang Mengejutkan

Melambungnya popularitas situs jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook, masifnya jumlah pengguna Facebook, dan milyuner termuda adalah sang CEO Facebook, merupakan beberapa fakta yang mencengangkan dari Facebook yang beredar di ranah maya saat ini.

Namun hanya segelintir orang yang tahu bahwa sejatinya Facebook dimulai dari balik tembok kamar asrama di Harvard. Nah, untuk mengungkap fakta Facebook lainnya, berikut kami sadur 10 fakta yang mungkin tidak Anda ketahui. Jadi silahkan baca dan informasikan apa pendapat Anda.

  1. Original Facebook Homepage. Dahulu Memajang Wajah Al PacinoSebelum Facebook melakukan perubahan besar-besaran di tahun 2007, halaman depan facebook sebelumnya berhiaskan wajah seorang pria yang disamarkan dibalik kode binary. Tidak ada yang tahu tentang wajah yang kerap disapa “Facebook guy” tersebut. Namun misteri terpecahkan setelah David Kirkpatrick merilis sebuah buku bertajuk The Facebook Effect yang menyatakan bahwa gambar tersebut adalah manipulasi wajah dari Al Pacino yang dibuat oleh rekan dan teman sekelasnya, Mark Zuckerberg.
  2. Sebelumnya, Facebook Berfungsi Sebagai Layanan Berbagi Data. Anda tidak akan menemukan fakta ini pada timeline resmi Facebook, namun dahulunya Facebook adalah sebuah layanan file sharing antar teman berjuluk Wirehog, yang dibangun jauh sebelum adanya Facebook oleh Mark Zuckerberg dan ketiga temannya. Layanan tersebut dilansir 2004 dan dilaporkan telah direncanakan sebagai fitur terintegrasi Facebook. Tahun 2005, Facebook mulai mempromosikan layanan secara aktif dan Zuckerberg mengatakan kepada temannya “Saya rasa Wirehog mungkin bisa menyebar seperti halnya Facebook.” Namun akibat kendala pembajakan, Wirehog mati tahun 2006 sebelum Facebook berkembang menjadi besar.
  3. Apple dan Microsoft Adalah Partner Awal Facebook. Banyak di antara kalian yang tahu bahwa Facebook hadir dengan sangat tiba-tiba dan dimulai pada Ivy League colleges sebelum masuk ke sebuah institusi pendidikan lainnya. Namun tahukan Anda kalah Apple dan Microsoft adalah perusahaan yang pertama kali bekerja sama dengan Facebook sebelum Intel, EA dan Amazon. Perusahaan lainnya adalah Accenture, Gap, Intuit, Pepsi, PricewaterhouseCoopers dan lembaga non profit Teach for America.
  4. Faceboo Sembunyikan Telur Paskah. Telur paskah bukanlah hal baru bagi Facebook. Awalnya, sebuah referensi film terkait bisa ditemukan dalam situs ini. Referensi tersebut dapat dijumpai di footer Friends Page lama tahun 2007 dan juga terdapat di quote fil The Wedding Crasher. Sebagai tambahan, Facebook juga sempat menyebutkan kode untuk permainan Contra buatan Konami (atas, atas, bawah, bawah, kiri, kanan, kiri, kanan, B, A, Start) yang kemudian akan merubah tampilan latar situs menjadi bulatan warna-warni dan kilauan cahaya.
  5. Arti Dari Kata Poke Tidak Pernah Dijelaskan. Meskipun Facebook telah menjelaskan fungsi dari poke ntuk help center, namun tidak ada penjelasa resmi apa maksud dan arti dari kata poke tersebut. Definisi yang paling sering diartikan adalah menyentuh. Namun konotasi sedikit menggoda juga tidak bisa diacuhkan. David Kirkpatrick menjelaskan dalam The Facebook Effect bahwa Zuckerberg sekali waktu merespon pertanyaan tentang arti poke di Facebook. “Kami berpendapat akan sangat menyenangkan membuat sebuah fitur yang tidak memiliki maksud dan tujuan tertentu.. Jadi silahkan bersenang-senang dengannya, karena Anda tidak akan mendapatkan penjelasan apapun dari kami.”
  6. Rata-Rata User Facebook Memiliki 130 Teman. Berapa jumlah teman yang Anda miliki di Facebook? Menurut halaman data statistic resmi facebook, rata-rata satu orang memiliki 13o teman. Dari data tersebut terungkap pula bahwa orang menghabiskan waktu selama 500 milyar menit per bulan untuk Facebook, serta jumlah pengguna aktifnya melampaui angka 500 juta.
  7. Ada Applikasi Untuk Melihat Facebook Café Menu. Sama seperti Google, Staf Facebook juga mendapatkan makanan gratis tiga kali sehari (plus minuman dan snack gratis) yang dihidangkan oleh Facebook Culinary Team di Café X atau Café 6. Jika staff ingin mengetahui makanan apa yang ada dalam menu, mereka tidak perlu meninggalkan tempat duduknya. Bahkan, mereka juga tidak perlu meninggalkan halaman Facebooknya. Aplikasi lunchtime di Facebook akan menampilkan menu apa yang ditawarkan pada hari itu.
  8. Mark Zuckerberg Menyebut Dirinya Sebagai Lulusan Harvard. Seperti bisa Anda lihat sendiri di facebook.com/zuck (URL pribadi milik Zuckerberg), Mark Zuckerberg sedikit berbohong dalam halaman profilnya. Dia menyebut dirinya sebagai Lulusan Harvard. Hal tersebut tidak benar, karena dia dropped out untuk berkonsentrasi mengerjakan Facebook. Ketika reporter 60 Minutes, Lesley Stahl menanyakan hal tersebut ke Zuckerberg, milyuner muda ini berkata, “Itu benar. Kami tidak memiliki pengaturan untuk dropout.”orang juga semua dah pada tau
  9. California Memiliki Populasi Pengguna Facebook Terbesar. Hingga saat ini, California masih mencatatkan diri sebagai pengguna Facebook terbesar dengan jumlah user 15.267.160. Basis pengguna terbesar lainnya adalah Texas dengan jumlah 9 juta pengguna diikuti oleh New York dengan 8 juta user. Sementara Delaware menempati posisi paling buncit.
  10. Hoodie Karyawan Facebook Laku $4000 di eBay. Jika merchandise Facebook menjadi barang koleksi sekarang, bayangkan berapa nilainya beberapa tahun lagi. Pasalnya hoodie standar milik seorang karyawan Facebook berhasil terjual hingga $4.050 dan diperebutkan oleh 50 penawar?.

4 thoughts on “10 Fakta Facebook Yang Mengejutkan

  1. Ping balik: Fakta Tentang Facebook « reogspensa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s