pentools

Tutorial Dasar Pen Tools Pada Adobe Photoshop

Banyak teman yang bertanya, “untuk seleksi objek di Photoshop, ente gunain apa?”

“kalo saya ngegunain Pen Tools kang, lebih sulit daripada Magic Wand, tapi hasilnya lebih detail juga.”

nah, dari situ saya mendapatkan beberapa referensi tentang tutorial pen tools di internet, tapi untuk pembahasan di bawah ini saya mengambil dari situs: www.photoshopessentials.com/basics/pen-tool-selections/

kebanyakan saya menerjemahkan secara Indonesia apa yang ada di sana. jadi kalau ingin membaca bahasa inggrisnya silahkan menuju ke TKP di atas.. ^^

Pen Tools selain dapat digunakan untuk seleksi objek bisa juga digunakan untuk menggambar path atau objek. bahkan bisa dikatakan tools ini merupakan tools yang sederhana di photoshop. meski begitu, bukan berarti butuh 1 atau 2 jam saja untuk mempelajarinya dan langsung menjadi ahli (expert). banyak teman-teman saya mengalami gangguan kejang di pergelangan tangan ditambah kanker otak ketika mempelajari tools satu ini… hahaha… selain rumit, mungkin membingungkan, tools satu ini mempunyai banyak kaitannya dengan trik-trik di photoshop. jadi ketika Anda dapat menguasai penggunaan Pen Tools, maka bukan tidak mungkin anda dapat menghasilkan beberapa karya yang bagus dari Photoshop ini.

Dimana kita bisa menemukan Pen Tools

Letak Pen Tools

Kita akan menemukan Pen Tools di Tools Pallete sebelah kiri jika ada di Photoshop, satu grup dengan Shape Tool, Type Tool, Path Selection/Direct Selection Tool. Dari sini kita bisa tahu mengapa Pen Tools tidak di jadikan satu grup dengan Selection Tool seperti Lasso Tool, Magic Wand, Rectangular Marquee Tool, dll. Bukan diletakkan di bagian atas dan malah dijadikan satu grup dengan Tools yang tidak ada hubungannya dengan Selection.

Jawabannya ada di bawah ini…

Mengapa dinamakan “Pen” Tool?

satu hal yang harus kita ketahui sebelum belajar menggunakan pen tool adalah arti dari pen tool itu sendiri, apakah ‘Pen’ tool itu sebuah nama?

jika iya, apa artinya? apakah semua orang tahu akan artinya meski hampir semua orang tahu kegunaannya di photoshop?

paling tidak, kata ‘Pen’ di sini bukan hanya sebuah arti pena yang sering kita gunakan untuk menulis, tanda tangan, mencorat-coret buku, dll.

lalu jika kegunaannya tidak seperti pena konvensional, mengapa disebut dengan pen tool?

pen tool sebenarnya sudah dikenal beberapa tahun sebelumnya, dengan nama yang berbeda. mungkin dari kita pernah mendengar Bezierpen atau bezier tool, yang diciptakan oleh pieree bezier, ahli mekanik dari prancis yang sangat terkenal dengan fantasi matematikanya, dan beliau juga bekerja di perusahaan mobil, renault. pen tool itu sendiri ia ciptakan untuk membantunya mendesain mobil.

pen tool juga sering disebut dengan path tool. mengapa? karena pen tool selalu digunakan untuk menggambar path tool. sedangkan utuk menyeleksi objek menggunakan pen tools, sebenarnya kita mengubah path tersebut ke dalam selection. selalu diawali dengan path.

Apa itu Path

arti path menurut KBBI adalah garis edar

dalam photoshop , path merupakan suatu hal yang tidak ada hubungannya dengan software itu sendiri, karena photoshop adalah software editing berbasis pixel. dimana sebuah gambar digital membutuhkan berjuta-juta pixel agar bisa dikenali. semakin banyak pixel semakin tajam gambarnya.

sedangkan path itu sendiri tidak ada hubungannya dengan pixel dan photoshop adalah software untuk menciptakan dan editing pixel.

secara teknik, path adalah garis yang menghubungkan titik dan titik lainnya, bebas dan tidak ada hubungannya dengan pixel. garis ada yang lurus atau melengkung dan selalu berawal dari suatu titik dan berakhir di titik lainnya.

Line - Path Tool

kita membutuhkan minimal 2 titik untuk membuat garis, otomatis itu. apabila kita memberikan lebih dari 2 titik, maka kita akan membuat sebuah objek. pada dasarnya, membuat objek di photoshop adalah membuat titik-titik yang dihubungkan oleh garis dan diisi oleh warna.

Add Anchor Point

contohnya, objek kotak (dibuat dengan rectangular shape tool) adalah hasil dari 4 titik yang dihubungkan oleh garis tepi (outline) yaitu garis atas, kanan, bawah dan kiri. begitu juga dengan segitiga, dibuat dari 3 titik yang dihubungkan oleh 3 garis. intinya itu…

closing path

Object

kemudian Type tool, yang biasa kita gunakan untuk membuat tulisan di photoshop ternyata juga pengembangan dari path tool. konklusinya terdapat pada konversi tulisan  menjadi object (Rasterize Type). kemudian pada huruf-huruf tersebut akan muncul titik-titik yang dapat kita edit.

Dua Mode Pen Tool

Pen Tool di PS mempunyai 2 mode, yang pertama adalah Shape Layer. biasa digunakan untuk menggambar objek, entah itu kotak, lingkaran, segitiga, segilima, tak beraturan dll. Kedua, adalah Path. dan yang akan kita bahas di sini adalah tentang menggambar garis, atau biasa disebut dengan line.

Anchor Point

Anchor dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai jangkar. dalam photoshop anchor point adalah titik dimana kita akan menghubungkan garis tersebut.

Anchor Point

ini saya nemu dari tetangga sebelah…

Adobe Pen Tool-Cheat sheet

7 thoughts on “Tutorial Dasar Pen Tools Pada Adobe Photoshop

  1. Erik Granio

    makasih banyak mas, informasi dalam blog anda ini benar2 membantu buat saya….sekali lagi terima kasih….salam

    Balas
  2. Ping balik: Tutorial Dasar Pen Tools Pada Adobe Photoshop « silumansupra - Cari Judul Skripsi, Makalah, Laporan

  3. Ping balik: bagaimana pendapat kalian ttg orang padang? | Indonesia Search Engine

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s