Cara Memasak Mie Yang Sehat.

Berikut ini adalah cara-cara memasak mie yang sehat. Artikel ini saya dapatkan dari browsing di kaskus (links nya di sini gan).

Seperti yang kita ketahui bahwa mie instan adalah salah satu makanan yang sering kita konsumsi sehari-harinya. Baik itu anak kos-an, sampai artis-artis di tipi yang sampai merem melek sambil menyeruput mie.. hmmmmm

  1. Rebus Air sampai mendidih
  2. Masukkan Mie, kalau belum mendidih lebih baik jangan dimasukin mie-nya. tunggu sampai mendidih gan
  3. Aduk-aduk ringan di menit2 pertama
  4. tiriskan mie-nya. coba liat air hasil pembuangan, kuning dan keruh (buthek)
  5. trus, dimasukin lagi ke air dingin (mateng) dan rebus sampai mendidih.
  6. tiriskan, dan siap dihidangkan.
  7. khusus untuk kuah, pake air rebusan panas lagi dan dituangkan bersama mie nya.

Tapi tahukan kita bahwa mie ternyata mengandung bahan pengawet? seperti yang saya baca dari salah satu sumber di kaskus.us:

Originally Posted by dianabazz
ane coba bantu share gan coz ane dah pernah kerja di pabrik mie,wlopun disana ane bekerja sebagai orang teknik tapi ane ikut bantu pembangunan pabrik dai pemancangan sampe produksi.
Benar kata TS rebusan air mie pertama mesti dibuang.
tepung yang dipakai untuk pembuatan mie adalah tepung manildra yang kemudian di ayak sebelum dipakai jadi yang terpakai adalah tepung yang benar2 bersih dan halus
Kemudian yang membuat mie itu berwarna kuning adalah alkali, sampe sekarang pun ane g pernah tau apa aj yang terkandung dalam alkali tersebut  karena sudah datang dalam bentuk bubuk kemudian dicampur dengan air demin yang kemudian di aduk bersama tepung tadi
Setelah rata kemudian masuk ke mesin yang bernama doughsheet yang berfungsi untuk membuat lembaran, kemudian diteruskan ke mesin roll press untuk menipiskan lembaran tadi sampai pada ketipisan yang diinginkan
Kemudian diteruskan ke slitter untuk membuat mie menjadi meriting dan membagi lembaran tadi menjadi 6 bagian
Setelah itu mie di beri steam dengan suhu +/- 150 derajat celcius (gampangnya dikukus)
Kemudian masuk ke mesin cutting untuk dipotong dan dilipat, coba agan perhatikan mie sebelum direbus pasti bentuknya terlipat
Baru masuk ke frying untuk digoreng
Setelah itu ditiriskan dan dimasukkan ke cooling fan, ini berguna untuk mengeluarkan sisa minyak dan mendinginkannya sebelum di packing sehingga tidak berjamur
Setelah itu barulah mie masuk di channelizer yang kemudian diberi bumbu oleh petugas bumbu
Baru mie di packing apabila kemasan dipencet dan ternyata angin yang terdapat didalam kemasan berkurang maka mie tersebut dinyatakan tidak layak jual
apabila merunut kejadian di atas maka sebenarnya mie telah aman, dikarenakan ada petugas QC yang selalu melakukan pengecekan dari mulai tepung akan masuk ke mesin ayak sampai mie dikemas.
tapi yang jadi masalah orang yang bekerja pada pabrik mie belum tentu tahu apa saja kandungan yang terdapat dalam alkali yang membuat mie berwarna kuning tersebut, hanya yang ane tau di alkali itu terdapat zat pengawetnya gan.
karena itu lebih aman air rebusan pertama dibuang sehingga yang tertinggal hanyalah tepung yang telah menjadi mie.
semoga bermanfaat gan, ane cuma bisa bantu segini coz skrg ane dah cabut dari sana

Lilin dalam pengawet Mie Instan? ternyata hanya kabar burung alias HOAX

silahkan cek di sini.

4 thoughts on “Cara Memasak Mie Yang Sehat.

  1. Ping balik: Cara Memasak Mie yang Sehat « artechinovation

  2. Ping balik: Tweets that mention Cara Memasak Mie Yang Sehat. « SilumanSupra | Just 4 Share -- Topsy.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s