Ilustrasi sebagai Penguat Pesan

Salah satu penggunaan ilustrasi dalam Iklan Rokok A-Mild

gambar copas tanpa ijin dari
http://evelynpy.files.wordpress.com/2008/04/a-mild.jpg

setelah membaca artikel pada desain grafis indonesia tentang Pengunaan Ilustrasi Sebagai Daya Tarik Pada Media Cetak Iklan saya menemukan beberapa hal menarik di dalamnya. anda bisa download PDF-nya di halaman tersebut dan mulai membaca resume tentang tema tersebut.

seperti yang kita ketahui bahwa ilustrasi mempunyai fungsi sebagai daya tarik sebuah pesan. ilustrasi juga harus informatif, komunikatif, dan merupakan gerbang utama menuju pesan yang diiklankan.

  • ilustrasi merupakan bagian yang mempunyai kelebihan daripada headline, bahkan bisa menggantikannya
  • ilustrasi harus mewakili konten yang ada di dalamnya, maksud serta tujuan dari iklan tersebut
  • ilustrasi juga harus bisa merangsang pembaca agar membaca pesan di dalamnya (seperti yang dikatakan bahwa contoh Iklan A-mild merupakan penggunaan ilustrasi yang bagus dan tepat)
  • ilustrasi harus mudah diingat (dapat dihubungkan dengan emosi manusia seperti lucu, penasaran, jengkel dll terhadap ilustrasi tersebut)
  • dan ilustrasi lebih luas daripada kata-kata. karena ada pendapat bahwa satu gambar merupakan 1000 kata
  • namun dalam perencanaannya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat ilustrasi, yaitu white space dan typografi. keduanya merupakan syarat mutlak yang harus dikuasai oleh seorang desainer grafis.
  • ilustrasi harus bisa menaruk secara visual
  • fungsi ilustrasi adalah merebut atensi, identifikasi subjek, center of interest, membangkitkan minat untuk membaca headline, memberikan kesinambungan keselurhan iklan, menitik beratkan pada produk/pesan yang disampaikan
  • perlu diingat bahwa dengan iklan, kita memberitahukan kepada pembaca bahwa produk yang bagus, bukan iklan itu sendiri yang bagus
  • single visual lebih diperhatikan daripada multivisual (satu orang cantik diantara kerumunan lebih menarik perhatian daripada banyak orang cantik) atau bisa dikatakan terpusat.
  • gambar dilihat lebih dulu daripada tulisan
  • dari 10 pembaca, 2 orang diantaranya membaca bodycopy dari iklan, sedangkan 80% hanya melihat ilustrasi atau gambarnya

    disimpulkan dari sini

    4 thoughts on “Ilustrasi sebagai Penguat Pesan

    1. ami

      trus bedanya gambar poster ilustrasi gambar dng apa?.. kemarin saya ikut lomba gambar ilustrasi kepedulian lingkungan.. nah itu cara gambarnya harus menyertakan tulisan ,, ato sekedar gambaran yg bercerita saja??🙂

      Balas
    2. Fadhilatul Muharram

      mas-mas, ikutan gabung di perusahaan PETAKUMPET yah? abis isi blognya kalo ga soal design, ya soal iklan dan sejenisnya.:mrgreen:

      btw, insya Allah saya akan posting resensi buku JUALAN IDE SEGAR. tau kan bukunya. insya Allah sedang proses nulisnya. mungkin aja mau baca.😉

      Balas

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s