Kesederhanaan

pernah suatu ketika aku berpikir tentang beberapa orang yang kehidupannya begitu sederhana. maksudku ‘sederhana’ di sini bukan untuk mendeskripsikan sesuatu yang ter-batas. namun, kita sendiri yang sengaja membuat batasan-batasan itu. kita sadar akan perbuatan kita dan dilandasi pemikiran yang cerdas serta alasan yang logis.

aku juga ingin berterima kasih kepada seorang teman yang telah memberitahuku bahwa kesederhanaan itu adalah suatu hikmah yang terkandung dalam kehidupan kita. meskipun dia tidak pernah mengkuliahiku tentang kesederhanaan, namun dengan melihatnya aku sudah cukup untuk melihat dan belajar dari-nya.

dia telah memberiku pelajaran yang berharga, dengan memikirkan terlebih dahulu apa yang ingin kamu lakukan, apa yang kamu inginkan, kemudian buatlah sebuah pertanyaan”bagaimana jika…” dengan apa yang kamu pikirkan. kemudian cari tahu dampak apa yang timbul!

“bagaimana jika aku…” kemudian “apakah aku akan…”

semuanya begitu mudah untuk dijelaskan, dipikirkan, namun sangat sulit sekali untuk dilakukan ketika terjadi polemik dengan apa yang kita sebut “hasrat”. 

namun, apabila kita bisa melakukannya dengan sepenuh hati, wes talah… anda akan membuat diri anda lebih berharga dari apapun di dunia ini….

One thought on “Kesederhanaan

  1. asia

    aku belum paham…apakah maksudnya sengaja dengan tulus untuk bisa hidup sederhana, meski secara materi kita bisa lebih dari itu?
    tapi bukankah seharusnya kita tidak boleh berlebihan. jika merasa kenyang dengan makan cukup 3 x sehari, kenapa harus sampai 4 x, dst…
    terima kasih

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s