Mengapa Kita Perlu Musibah

hari ini aku belajar banyak dari beberapa lembar buku yang kupinjam dari teman beberapa bulan lalu. judulnya “Ikuti Kata Hatimu” karangan Andrew Matthews. yaitu tentang mengapa kita perlu musibah?

seperti yang telah dijelaskan di buku, bahwa kita di dunia ini mempunya sebuah masalah. setiap orang punya masalah sendiri-sendiri. aku punya masalah keuangan, anda mempunyai masalah asmara, dia mempunya masalah kesehatan… jadi intinya kita mempunyai masalah. lalu sekarang ‘masalahnya’ adalah bagaimana kita menyikapi masalah tersebut?

dengan berpikir bahwa sederetan peristiwa -masalah- itu adalah musibah yang sistematis, dan selalu mendera diri kita? itu namanya berpikir negatif. bahwa seluruh masalah -lebih spesifiknya musibah, selalu membuat diri kita susah, sengsara. dan pertanyaan yang sering kita dengar adalah ‘Mengapa?’.

‘mengapa kok aku selalu ditimpa musibah?’

‘mengapa orang lain selalu beruntung?’ dll…

dengan berpikiran negatif, kita akan membentuk pola pikir yang negatif pula. kemudian cara menghadapi sebuah masalah juga akan tersistematis secara negatif. pernah merasakan putus asa karena anda tidak dapat mendapatkan yang anda inginkan? cewek mungkin…?

lalu, bagaimana dengan berpikiran positif? bagaimana dengan seperti ini…

“Apapun musibah yang terjadi padaku, semuanya pasti ada hikmahnya…”

bukankah kita akan olahraga ketika kita divonis dokter “kalo kamu ga olahraga, nyawamu akan semakin pendek…”. bukankah kita mengatakan sayang kepada orang yang kita sayangi ketika hubungan kita mendekati kehancuran…? dan masih banyak musibah lainnya yang membuat kita berubah menjadi lebih baik. dalam berintrospeksi diri, biasanya kita mendapat banyak hikmah dari musibah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s