angkot, love u…

angkot (angkutan kota) atau di kota Malang biasa disebut dengan mikrolet. selama 5 tahun terakhir ini angkot menjado salah satu kendaraan kesukaan –karena tidak ada alat transportasi lain untuk jalan-jalan.

nah, di dalam angkot, pola pikir saya telah terbentuk. dalam urusan menebak sikap orang lain. memang bukan kebenaran secara mutlak yang akan saya sampaikan, namun tebakan saya bisa dicoba sekedar iseng-iseng saja.

gini…

pas kita di angkot, mau nggak mau kita akan duduk bersebelahan, berhadapan dan saling berdesakan (kalo pas full). nah di situ kita akan mempraktekkan nilai2 pelajaran saling menghormati, tenggang rasa, dan mecem-macem. pertama, saling menghormati adalah sikap ketika kita menghormati orang lain ketika berada di angkot. saya sering melihat orang yang nggak nunjukin sikap hormat sedikitpun kepada orang lain. orang tersebut memang kelihatan lebih ‘ganteng, kaya, apik, ato apalah’ dibandingkan saya atau orang lain. tapi toh juga sama-sama naik angkot… kesombongan tidak pada tempatnya dan  sangat kontras sekali dengan keadaan sebenarnya (di dalam angkot)

trus yang kedua, tenggang rasa. misalnya nggak mau menggeser pantat untuk orang yang baru naik. mungkin posisinya udah ‘pw’ (posisi wenak) yang berada di dekat pintu, sehingga nggak mau menyilahkan orang lain untuk duduk di posisi terdekat. hal inilah yg membuat saya agak terusik, apalagi yang naik udah mbah-mbah dan harus duduk di belakang dengan melewati jalan sesempit itu…

tapi tidak jarang pula saya menemukan orang dengan sikap2 yang berhati mulia. berani berkorban duduk di pintu, atau bersedia menanggung biaya seorang tua. yahhh…berbagai macam hikmah telah saya dapatkan hanya dari sebuah angkot…

4 thoughts on “angkot, love u…

Tinggalkan Balasan

