Always Acquire Ability (A3)

Selalu Mendapatkan Kemampuan.

“Seharusnya, anak didik kita harus diajari mengerjakan sesuatu lalu menarik kesimpulan. Sehingga apa yang mereka rasakan dapat menancap pada otak mereka” 

bukan teori melulu yang terus diajarkan pada guru2 berseragam bertampang manis yang hanya menyuruh membaca tiap2 halaman dan merangkumnya ke dalam beberapa lembar kertas. untuk apa buku tersebut dicetak kalo nantinya di tulis ulang. menurut saya, cara seperti itu sangat lambat dalam dunia pendidikan kita. “Kenapa kita nggak bikin oret2an yang ruwet (hanya kita yg bisa baca sendiri) trus dipresentasikan di depan kelas. daripada nulis di buku dengan rapi, untuk sekedar nilai 7. bosennya…

teringat masa sekolah dulu, sekolah menengah kejuruan (SMK) di kota ku. meskipun SMK yang baru berdiri tapi lumayan siip. banyak guru2 yang kolot dan selalu menyembah kurikulum tidak konsisten. sehingga kami para murid selalu kebingungan dengan perubahan yang sangat cepat sekali. alasannya, agen pemerintah menginginkan yang terbaik untuk generasi penerus bangsa. bullshit!!! buktinya, mungkin angkatanku hanya beberapa yang sukses. sisanya sukses dalam pernikahan…. hehehe…

back to topic.

kemampuan dapat didapatkan dari praktek. ketika kita melakukan kegiatan yang sebelumnya belum pernah dilakukan, maka kita akan berusaha melakukannya dengan berbagai cara. dari semua itu dapat ditarik kesimpulan yg berhubungan dengan peningkatan kemampuan kita.

selain itu, lebih baik dikasih dengan teori dulu. lebih baik lagi teori dan praktek beriringan, sehingga bisa dikatakan proses tersebut adalah “Learning by Doing”.

selama ini kita sering dijejali teori thok, tanpa ada praktek. cuman disuruh ngebayangin bahwa itu seperti itu. pokok’e ya itu!!!!….

seperti halnya otodidak, kita dapat menambah pengalaman dan keahlian sesuatu dari praktek. meskipun sangat sulit, namun proses tersebut dapat lebih mudah untuk kita ingat.

be practice

One thought on “Always Acquire Ability (A3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s