Tutorial: Photo to Vector Bagian Wajah

pada tutorial kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana membuat vektor dari sebuah foto untuk bagian wajah. berikut ini adalah hasil akhir dari foto vektor yang sudah jadi. anda bisa melihatnya di halaman DeviantArt

Lila Ulfawati

Tracing Wajah

pertama kali yang saya lakukan adalah men-tracing wajah dulu, entah kenapa saya melakukan itu pertama kali. mungkin karena saya sering menggambar dari wajah, baru bagian yang lain. tracing wajah sangatlah mudah karena hanya mengambil bentuk dari wajah dan warna yang digunakan hanya satu warna. (yaitu warna kulit. anda bisa melihat pada postingan sebelumnya).

luman0003

pada wajah bagian atas, seperti yang kita ketahui akan tertutup oleh rambut. oleh karena itu, kita tidak perlu secara detail menggambarkan bagian dahi sebelah atas. hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah titik (editing point/anchor point) yang kita tambahkan. jangan terlalu banyak. mendingan kita buat beberapa pada sudut-sudut tepi wajah, dan menambahkan dengan Add Anchor Point(lihat tutor Pen Tools!) pada lekukan (curve) pada sisi yang lain. bagian selanjutnya adalah telinga.


luman0014

pada bagian telinga, bagian yang ditutup adalah bagian yang mempunyai shadow (lebih gelap) seperti ditunjukkan pada gambar di atas. perhatikan juga lekukan dan batas antara bagian kulit terang dan yang gelap. buat juga shape shadow pada bagian yang gelap lainnya. sedangkan gambar akhir dari telinga tampak seperti pada gambar di bawah

luman0015

gambar di bawah adalah hasil dari coloring shape pen tools yang sudah jadi (entah apa namanya, ini istilah pribadi saya… hehehe). warna kulit kita bisa menggunakan warna coklat muda, terang, atau apalah namanya, dengan kode hexa #FEDDBE, bisa dilihat pada postingan sebelumnya. sedangkan untuk bagian telinga yang berwarna gelap menggunakan warna hexa #F1BC9C.

luman0016

untuk tutorial kali ini cukup sampai di sini.  :)

masih bersambung!!!

19 gagasan untuk “Tutorial: Photo to Vector Bagian Wajah

  1. Ping-balik: Mengubah foto menjadi vector | mLengse

  2. dodo

    simple ato ga….yang penting sabar n telaten….
    hehehehehe….
    tiap orang beda….
    ayo maju terus!!!!!! :)

    Balas
  3. fanny

    masih tradisional bgt caranya mas….
    Unless you’re an insanely talented artist, you may need some help getting started. Using a reference photograph is perfectly acceptable. To do this, open your photo in Photoshop/illustrator and apply a Posterize adjustment to break the illustration down to basic colors. This helps get your reference photograph to a point that makes it easier to trace.
    so get it on to make easier…

    Balas
    1. lumansupra Penulis

      yup, udah pernah coba kok, malahan saya sering pake effect cutout.
      tapi, kadang2 bentuk-nya tidak sekompleks foto yg asli.
      jadi, seringnya langsung dari foto asli (cuman ngganti level ma contrast untuk membedakan objek dengan background)

      thanks atas sarannya ^^

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s